Jumat, 28 Desember 2012

Pemkab Purworejo Peduli Pejuang Wanita


Perhatian terhadap pejuang wanita, ditunjukkan Pemkab Purworejo bertepatan dengan peringatan Hari Ibu ke 84 tahun 2012,  yakni dengan memancangkan bambu runcing  berbendera merah putih pada makam 4 pejuang wanita. 

Yaitu alm Ny Hj R Ayu Achadiah Dunda di TPU Desa Kaliwatubumi Kecamatan Butuh, alm Ny Ardinah Sudirman di TPU Desa Bandung Kecamatan Kutoarjo, alm Ny Colechah Tamim di TPU Ny Laos Plaosan Purworejo, dan alm Ny Soetyastuti BA di TPU Sibak Kelurahan Pangenjurutengah Purworejo.

Pemancangan bambu runcing di  pemakaman Ny R Ayu Achadiah Dunda dilakukan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo selaku  inspektur upacara. Sedang di pemakaman Ny Ardinah Sudirman sebagai inspektur upacara Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Yaminah suhar SH.

Ketua DWP Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo mengatakan pemancangan ini merupakan wujud apresiasi atau penghargaan generasi penerus kepada para pejuang 45, ketika penjajah Belanda masih akan mencengkeramkan kukunya di bumi Indonesia. “Ini sekaligus sebagai penyampaian informasi kepada masyarakat luas, terutama kalangan generasi muda, bahwa di lingkungan kita terdapat makam pejuang yang besar jasanya sehingga kita semua wajib memberikan hormat dan penghargaan yang layak,” tandasnya.

Sedang Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) eksponen 45 Purworejo Drs R Istiharto yang didampingi Sekretaris Peringatan Hari Ibu Dra Titik Mintarsih MPd    menjelaskan, empat wanita pejuang ini memiliki andil besar dalam perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dalam kurun waktu tahun 1945 hingga tahun 1949. 

“Almarhum Ny R Ayu Achadiah Dunda merupakan anggota laskar wanita yang berjuang di wilayah Bruno dan Bayan (Purworejo) hingga Yogya utara,” jelasnya. 
Menurut Mashudi, selaku wakil pihak keluarga, Ny Hj R Achadiah Dunda adalah putra penghulu Kutoarjo yang menjadi menantu Bupati Kutoarjo ke-5 RT Pringgoatmojo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar