Sabtu, 22 Desember 2012

506 Polisi Siap Amankan 78 Gereja di Purworejo


Untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan tertib dalam merayakan Natal 2012 dan tahun baru 2013, Kepolisian Resort (Polres) Purworejo akan menggelar operasi pengamanan. Gelar pasukan operasi dengan sandi “ Lilin Candi 2012”, Jumat (21/12), di alun-alun Puworejo. Upacara gelar pasukan dipimpin Kapolres, AKBP Muh Taslim Cairuddin SIK MH, diikuti seluruh anggota Polres Purworejo, Kodim 0708, Brimob, Batalyon 412 Raider, dan berapa organisasi kemasyarakatan (ormas).

Kapolres Muh Taslim mengemukakan bahwa operasi pengamanan “Lilin Candi 2012” dilaksanakan mulai 23-12-2012 pukul 00.00 WIB hingga 1-1-2013 pukul 24.00 mendatang. Dalam pengamanan tersebut, pihaknya akan menerjunkan 506 personil dari 853 anggota yang dimiliki. Sisanya melaksanakan tugas rutin seperti di polsek-polsek dan pelayanan masyarakat. “Kekuatan tesebut masih ditambah dari personil lain, seperti anggota TNI, Pol PP, Linmas, Banser dan ormas lainnya,” katanya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan merayakan Natal, sebanyak 78 gereja yang ada di Purworejo akan mendapat pengamanan. Pos pengamanan akan dipusatkan di dua titik yaitu Gereja Santa Perawan Maria Purworejo dan Gereja Santo Paulus di Kutoarjo. 

Kekuatan personil di tiap-tiap titik jumlahnya bebeda, tergantung tingkat kerawanan. Semakin rawan, semakin besar jumlah personil yang ditugaskan. Tingkat kerawanan berdasarkan ancaman, teror dan tindak kriminal lainnya. “Berdasarkan data dari Polri, sebanyak 14 Polda di seluruh Indonesia termasuk Jateng, masuk dalam kategori pengamanan pertama,” ungkapnya.

Menyinggung pengamanan perayanaan tahun baru, pihaknya akan menerjunkan personilnya di daerah rekreasi. Ia merasa pengamanan tersebut tidak terlalau berat dibanding pengamanan Natal. Karena dinilai Purworejo tidak memiliki obyek wisata yang signifikan, lagi pula bukan dilalui jalur wisata. 

Namun demikian, bukan berarti tidak memberi pengamanan, pihaknya tetap memberikan pengamanan. Ia minta kepada anggota dijajarannya agar dalam melaksanakan tugas bersikap humanis dan santun, namun tegas terhadap tindak pelanggaran. Sehingga bisa menekan angka kriminalitas dan lakalantas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar