Selasa, 17 Juli 2012

BUMD Jangan Cengeng


Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg mengingatkan bahwa persaingan usaha di era global ini semakin ketat. Oleh karena itu, ia minta agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tidak bersikap ‘cengeng’, dengan meminta berbagai kemudahan dan fasilitas dari Pemerintah Daerah. Karena hal yang tidak mendidik itu, justru akan mengurangi kemandirian dan daya saing BUMD dalam menghadapi tantangan zaman.

Hal itu dikatakan Bupati Purworejo ketika melantik Sutiyono SIP MM sebagai Direktur Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Purworejo untuk periode kedua. Pelantikan dilaksanakan di ruang Bagelen, Selasa (17/7), dihadiri para pejebat di lingkungan Pemkab Purworejo. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan pakta integritas oleh para pimpinan BUMD.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa Direktur PDAU bisa diangkat kembali apabila mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha pasal 37.

Diungkapkan bahwa berdasarkan audit Kantor Akuntansi Publik Yogyakarta, capaian kinerja keuangan, operasional dan administrasi PDAU Kabupaten Purworejo  selama empat tahun terakhir ini, mendapat penilaian yang baik dengan skor 71,33.

“Di bawah kepemimpinan Saudara Sutiyono, PDAU yang pada tahun 2008 masih merugi, pada tahun 2009 sudah berhasil memperoleh laba Rp 28,85 juta dan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Demikian juga asetnya, mampu ditingkatkan dari Rp 1,86 milyar pada tahun 2008 menjadi Rp 2,27 milyar pada tahun 2012,”katanya.

Namun demikian, Bupati mengingatkan agar prestasi itu hendaknya tidak membuat jajaran PDAU Kabupaten Purworejo menjadi terlena dan cepat merasa berpuas diri. Karena selalu ada kendala-kendala yang terjadi pada tubuh perusahaan, seiring dengan dinamika sosial ekonomi masyarakat. Kendala-kendala tersebut  harus bisa diatasi, agar perusahaan bisa menjalankan aktivitasnya secara normal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar