Rabu, 08 Agustus 2012

Bupati Panen Padi SRI


Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg melakukan panen raya padi SRI di Desa Tangkisan Kecamatan Bayan, Senin (6/8). Panen raya padi jenis Ciherang ini, merupakan bantuan sosial (bansos) kegiatan pengembangan metode SRI organik tahun 2012, dari Dirjen Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian.

Supardi selaku Ketua Kelompok Tani Maju Bersama desa Tangkisan, melaporkan bahwa luas lahan yang ditanami padi SRI adalah 20 hektar, dengan jumlah bantuan berupa uang sebesar Rp 43 juta. Dari luas lahan tersebut, mampu menghasilkan padi rata-rata mencapai 7,3 ton  sampai 8,7 ton gabah perhektar.

“Namun persawahan Desa Tangkisan terkendala irigasi, sehingga hanya mengandalkan mesin bor untuk mengairi sawah. Sebab irigasi dari desa Jrakah tidak pernah sampai di desa Tangkisan,”ungkapnya.

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Tangkisan, khususnya kelompok tani yang telah berupaya untuk memakmurkan dirinya sendiri melalui peningkatan hasil pertanian. Karena dengan hasil panen yang semakin banyak, maka rakyat akan semakin sejahtera.

Menurutnya, sekarang ini lahan persawahan semakin sempit, karena banyak didirikan bangunan. Untuk itu, perlu adanya kesadaran agar tidak mendirikan bangunan di lahan persawahan. “Lahan semakin sempit, tapi jumlah penduduk yang makan nasi semakin banyak. Untuk itu, perlu adanya penganekaragaman makananan, agar kita tidak terkena krisis pangan,”katanya.

Untuk mengatasi kelangkaan sumber air, Bupati mengakui tidak mungkin hanya mengandalkan sumur bor saja. Disamping perbaikan sarana irigasi, perlu pula mengatasi masalah sumber air dengan memelihara lingkungan hidup. Terutama kawasan hutan yang menjadi sumber resapan air, serta menjaga ekosistem agar tidak rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar